Selasa, 25 Oktober 2011

BLENDER ? What's That ? Check This Out ! ;)

Perkenalkan saya dari siswa-siswi SMAN 3 Tangerang Selatan ingin menjelaskan bagaimana cara menggunakan "Blender". Blender merupakan suatu software aplikasi yg biasanya digunakan untuk membuat animasi 3D. Software ini sering digunakan oleh para animator-animator dalam membuat animasi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut ini :D

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi Nan tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil. NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap perkembangan Blender.

Setelah penjelasan mengenai apa itu blender dan sebagainya maka selanjutnya kami ingin melaporkan sejauh mana jalannya tugas kami. Untuk saat ini kelompok kami sudah menginstal aplikasi blender sendiri, dan sedang dalam proses pembelajaran untuk bagaimana menggunakan aplikasi tersebut dan sedang dalam proses pembuatan konsep. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana menggunakan aplikasi "Blender" ini :)

1. Proses memindahkan posisi objek benda

Perhatikan gambar di bwh ini!

Setelah melihat gambar, apa saja yg terbayang dalam pikiran anda? Tentunya pada gambar tersebut, anda melihat sebuah gambar bangun ruang yg sering kita sebut dengan kubus. Di dalam kubus tersebut, terdapat 3 tanda panah yg dapat digunakan untuk memindahkan letak posisi kubus tersebut. Di antaranya ada tanda panah berwarna merah yg mewakili sumbu x (horizontal), tanda panah berwarna hijau yg mewakili sumbu y (vertikal), dan tanda panah berwarna biru yg mewakili sumbu z (depan belakang). Dengan tanda panah seperti itu, kita dapat memindahkan posisi benda dengan mengklik tanda tersebut dan menggesernya.


Berikut ini adalah contoh memindahkan letak posisi suatu objek.

Pemindahan posisi sumbu X

Pemindahan posisi sumbu Y

Pemindahan posisi sumbu Z

Selain dapat memindahkan posisi seperti di atas, kita dapat juga memutar posisi suatu objek benda. Berikut ini langkah-langkah untuk memutar objek benda


Dari gambar di atas, anda dpt memutar posisi benda dengan cara yg sama seperti sebelumnya, yaitu dengan cara menggeser garis berwarna tersebut.

2. Proses mengubah ukuran objek benda

Dalam membuat suatu objek, kita dapat mengubah ukuran objek tersebut. Adapun caranya sama seperti sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

Anda dapat mengubah ukuran objek tersebut dengan mengklik arah sumbu tersebut atau dengan dengan menekan tab dan tekan x,y, atau z.

3. Proses mengatur arah sudut pandang dan cahaya

Perhatikan gambar berikut!

Dari gambar berikut, ditunjukkan bahwa kita dapat mengatur posisi sudut pandang dan pencahayaan. Caranya adalah sama seperti memindahkan atau memutar suatu objek kubus tadi.

Setelah selesai mengatur sudut pandang dan pencahayaan tersebut, anda dapat melihat hasil pengaturan sudut pandang dan pencahayaan tadi dengan menekan tombol F12. Hasilnya adalah sebagai berikut :

Sekian penjelasan dan sedikit informasi dari kami, lebih jelasnya anda dapat mengunjungi sekolah kami. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata, terima kasih :3

Tidak ada komentar: